Contoh2 Akademi Keperawatan Aceh 2016 Konsep Penelitian

Kerangka Konsep Penelitian

fakultas-ilmu-keperawatan

Pelatihan Keperawatan 2016

 

Beureunuen – Keperawatan Pemerintah Aceh Pidie

A.    Kerangka Konsep Penelitian
Berdasarkan pendapat Budiarto (2002) dan Niven (2002) maka, kerangka konsep penelitian dapat di gambarkan sebagai berikut :

Pengetahuan

Pendidikan  Tingkat Kecemasan Pada Pasien Gangren

Umur

Gambar 3.1 Kerangka Konsep

B.    Definisi Operasional

No    Variabel    Defenisi Operasianal    Cara Ukur    Alat Ukur    Skala Ukur    Hasil Ukur
1.    Tingkat kecemasan pada pasien gangren    Suatu perasaan takut yang muncul dari dalam diri responden    Mengedarkan kuesioner    kuesioner    Ordinal    Berat dan panik

  1. Sedang
  2. Ringan

2.     Pengetahuan
Segala sesuatu yang diketahui oleh responden mengenai gangren    Mengedarkan kuesioner    kuesioner    Ordinal    Baik
Cukup
Kurang

3.    Pendidikan
Jenjang pendidikan formal yang pernah diselesaikan untuk mendapatkan ijazah    Mengedarkan kuesioner    kuesioner    Ordinal    Tinggi
Menengah
Dasar

4.    Umur

Masa yang telah di lalui responden dalam menjalani kehidupan dari masa lahir s/d saat ini    Mengedarkan kuesioner    kuesioner    Ordinal    Dewasa Akhir

Lansia
Awal Lansia
Akhir Manula

1.    Kecemasan
Penentuan derajat kecemasan dengan cara menjumlah nilai skor dan item 1-14 dengan hasil Skala HARS Menurut Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS), meliputi:
0 = Tidak ada gejala sama sekali
1 = Ringan / Kurang dari gejala yang ada, menjawab ya / tidak ( < 10 )
2 = Sedang/ separuh dari gejala yang ada, menjawab ya / tidak (10 -12)
3 = Berat/lebih dari ½ gejala yang ada, menjawab ya / tidak ( 13 -18 )
4 = Panik / sangat berat semua gejala ada, menjawab ya / tidak (19 -21 )
2.    Pengetahuan dibagi atas tiga katagori yaitu (Arikunto, 2006)
1.    Baik : jika responden jawaban benar 76 %  –  100%.
2.    Cukup : jika responden jawaban benar 56 % – 75 %.
3.    Kurang : jika responden jawaban benar < 56 %
3.    Pendidikan di katagori menjadi tiga yaitu:
1.    Tinggi : jika responden tamat pendidikan D – III   / Perguruan tinggi
2.    Menengah : jika responden tamat pendidikan SLTA / Sederajat
3.    Dasar : jika responden tamat pendidikan SD – SLTP
4 . Umur  di katagori menjadi 5 yaitu:
Menurut Depkes RI (2009) ; Umur biologis adalah perhitungan usia berdasarkan :
1.    Masa dewasa Awal          =26- 35 tahun.
2.    Masa dewasa Akhir        =36- 45 tahun.
3.    Masa Lansia Awal           = 46- 55 tahun.
4.    Masa Lansia Akhir         = 56 – 65 tahun.
5.    Masa Manula                   = 65 – sampai keatas.

Iklan

Tentang Samsul Lileue

Desa blang Lileue, JL Banda Aceh-Medan Km 123
Pos ini dipublikasikan di Karya Tulis Ilmiah dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s