Contoh KTI ABSTRAK LAMANYA HARI RAWATAN

ABSTRAK

gambar-abstrak

Akper

Perawat merupakan tenaga penting dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit, Mengingat pelayanan keperawatan diberikan selama 24 jam terus menerus, Pelayanan keperawatan yang bermutu, efektif dan efisien dapat tercapai bila didukung dengan jumlah perawat yang tepat sesuai dengan kebutuhan.Oleh karena itu perencanaan tenaga perawat terutama dalam menentukan jumlah kebutuhan tenaga perlu dilakukan dengan sebaik ­ baiknya agar dapat diperoleh ketenagaan yang efektif dan efisien. Perhitungan kebutuhan tenaga perawat berdasarkan Kategori pasien lebih efektif karena mempertimbangkan jam efektif perawat.

 

Di RSUD Tgk.Chik Tiro Sigli belum pernah dilakukan tentang kebutuhan perawat berdasarkan kategori pasien selain itu beberapa ahli telah menetapkan formula untuk melakukan perhitungan sehingga hasil yang diperoleh lebih akurat dan sesuai dengan kebutuhan sesungguhnya.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan jumlah tenaga perawat berdasarkan kategori pasien di RPDP Penyakit dalam di RSUD Tgk. Chik Tiro Sigli Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik yang dilakukan secara belah melintang ( cross sectional ) untuk mendapatkan informasi tentang jumlah tenaga perawat berdasarkan tingkat ketergantungan pasien khususnyadi RPDP Penyakit Dalam berdasarkan tingkat ketergantungan pasien terhadap perawat.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan

menggunakan pedoman observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik perawat yang bekerja umum nyamasih berusia umur rata-rata dibawah 25 tahun 2015( 87,5 %) dengan pendidikan mayoritas DIII Keperawatan ( 87,5 % ) tenaga didominasi oleh tenaga honorer dan lama bekerja rata­rata kurang dari 3 tahun ( 81,25 % ) Pelayanan keperawatan dengan minimal care sebanyak 2,26 jam, parsial care sebanyak 4,15 jam dan total care sebanyak 5,75 jam. Beban kerja perawat 5,3 jam atau 63,75 % Berdasarkan waktu kerjanya untuk kegiatan keperawatan langsung memerlukan waktu 539 menit atau 37,43 %, kegiatan keperawatan tak langsung 379 meni atau 26,32 % dan kegiatan non keperawatan 522 menit 35,25 % dari total waktu 24 jam. Perhitungan jumlah tenaga perawat dengan minimal care

dibutuhkan 11 orang, parsial care 20 orang dan total care 26 orang, menurut perhitungan Douglas dibutuhkan 24 orang perawat dan menurut WHO dibutuhkan tenaga sebangak 30 orang perawat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada saat ini terdapat selisih cukup banyak antara jumlah perawat yang ada yaitu 16 orang perawat dibandingkan dengan hasil perhitungan ketiga formula diatas, untuk ini penulis menyarankan agar di RSUD Tgk.Chik Tiro Sigli mengoptimalkan tenaga yang ada dan bila mana memungkinkan kekurangan tenaga perawat dapat diperhatikan.

Jumlah perawat diruang penyakit dalam pria (RPDP) Rumah Sakit Umum Tgk. Chik Ditiro Sigli Kabupaten Pidie sebanyak 20 orang, di ruang Penyakit Dalam Pria adalah kategori yang paling umum ketiga penyakit di Aceh Pidie, Sementara di Indonesia, menurut data 2011 jumlah penderita kelamin pria mencapai 8 juta jiwa. Jumlah ini diprediksi meningkat menjadi lebih dari 21 juta jiwa pada 2015, Riset kesehatan dasar pada 2007 menyebutkan prevalensi penderita penyakit dalam Pria di daerah Aceh mencapai 8,7 persen dari jumlah penduduk sekitar lima juta jiwa, dan angka itu termasuk tertinggi di Indonesia. Menurut data yang di peroleh dari Ruang RPDP Sigli, Penyakit HIV AIDS pasien yang mengalami penyakit ini pada tahun 2014. jumlah pasien yang mengalami Penyakit penyakit HIV AIDS sebanyak 2 orang dalam waktu Satu Tahun di Ruang RPDP RSU Tgk. Chik Di Tiro Sigli.

Dari hasil penelitian ini saran Penulis yang perlu ditindak lanjutkan yaitu terus meningkatkan hari Rawatan pasien di RUANG PENYAKIT DALAM PRIA (RPDP) dan meningkatkan pengetahuan pasien tentang penyakit dalam pria.

Daftar pustaka : akses internet

Kata kunci       : Rawatan,

Halaman          :

Iklan

Tentang Samsul Lileue

Desa blang Lileue, JL Banda Aceh-Medan Km 123
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s